10 CARA MENJAGA HDD (Hardisk Drive) DARI KERUSAKAN

Cara Menjaga Hard Drive Agar Tetap Sehat Dan Terhindar Dari Kerusakan

cara menjaga hdd dari kerusakan
Cara menjaga hard drive dari kerusakan

Hardisk Drive atau biasa disebut HDD adalah salah satu bagian terpenting dari perangkat Laptop atau Komputer. Mulai dari proses pembacaan data offline di komputer sampai yang berjalan terus di komputer. Selain untuk tempat menyimpan data, HDD adalah perangkat keras dimana suatu sistem operasi di instal dan di jalankan.

Sama seperti perangkat keras atau hardware komputer yang lain, hardisk juga perlu di perhatikan perawatan nya. Karena tanpa perawatan yang rutin sudah pasti akan ada masalah yang timbul, terlebih jika Laptop atau komputer kita di gunakan setiap hari.

Berikut akan saya ulas apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga HDD atau hardisk drive agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.

1. Jalankan chkdsk (chekdisk)

Sekuat-kuat nya HDD kita pasti ada saat nya mendapat kesalahan. Kesalahan ini bisa datang dalam bentuk masalah fisik, masalah perangkat lunak, masalah tabel partisi, dan banyak lagi. Program chkdsk Windows bisa di coba menangani masalah ini, seperti bad sector, cluster yang hilang, cross-linked file, dan / atau kesalahan direktori. Kesalahan ini dapat dengan cepat menyebabkan drive unbootable, yang akan menyebabkan downtime bagi kita. Cara terbaik yang bisa kita ambil untuk menjaga dari kesalahan-kesalahan penggunan adalah dengan chkdsk ini.

2. Monitoring

Banyak aplikasi/software di luar sana yang bisa di gunakan untuk memantau drive kita. Cara ini dirasa perlu karena kita bisa tahu keadaan/kesehatan HDD kita. Menurut pendapat saya, salah satu software pilihan terbaik adalah Acronis Drive Monitor, software gratis ini akan memonitor segala sesuatu yang terjadi di HDD dari suhu hard drive sampai persentase ruang/space yang kososng atau bebas. Kita juga bisa mengecek apa saja kesalahan yang terjadi pada HDD kita.

3. Instal OS terpisah dari partisi data pribadi.

Apapun OS (Operation system) yang kita pakai cara ini harus tetap di terapkan. Jangan pernah meng instal OS pada partisi hardisk data pribadi, apalagi jika partisi drive tersebut sering di gunakan untuk menyimpan file atau mengoper file.

4. Perhatikan ruang komputer anda

Usahakan sirkulasi udara yang masuk ke laptop atau komputer kita baik. Jangan sampai terasa pengap/sesak dan panas, karena berbahaya untuk HDD. Sirkulasi udara laptop/komputer yang buruk akan membuat HDD ikut panas dan akhirnya bekerja sangat berat. Bukan cuma  HDD tapi hampir semua komponen komputer kita.

5. Perhatikan power / tegangan listrik (statis)

Listrik statis adalah musuh komponen komputer. Jauhkankan perangkat laptop atau komputer kita dari speaker stereo, TV, dan peralatan / perangkat lain yang dapat menyemburkan gelombang elektromagnetik (tidak perlu terlalu jauh, tapi jangan juga terlalu dekat). Memang, sebagian besar peralatan ini memiliki magnet yang tidak cukup kuat untuk merusak hard drive. Tapi jika terus menerus bukan tidak mungkin Hard drive kita akan pensiun. Dan perhatikan listrik rumah kita, terlebih jika daerah kita sering terjadi pemadaman listrik. UPS merupakan cara yang bagus untuk berjaga-jaga.

6. Defragment drive

Cara ini juga dirasa perlu karena salah satu penyebab kesalahan pada hard drive adalah file yang acak-acakan tidak beraturan. Itu bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari cara kita mengcopy file, atau merubah file dan banyak lagi. Defragment dapat membantu kita mengatur file dala HDD kita agar tersusun rapi kembali dan memperbaiki dan memindahakan file hard drive kita ke tempat seharusnya.

7. Upgrade ke Solid state drive (SSD)

Solid state drive, mengesampinkan harga nya yang relatif mahal. Coba kita lihat, drive ini seperti flash drive yang besar, sehingga drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak (memutar/disk dalam HDD). Tanpa bagian yang bergerak, umur drive (secara keseluruhan) secara alami akan menjadi lebih lama. Meskipun terkesan mahal, tapi ingat jika umur drive kita lebih lama itu artnya uang kita juga akan awet lebih lama. Dan satu lagi bahwa SSD mempunyai read speed dan write speed yang jauh lebih cepat dari HDD.

8. Manfaatkan fitur hemat daya

Hampir semua OS memiliki fitur hemat daya. Windows, MacOSx atau linux. Gunakan fitur ini dengan sangat maksimal, karena tidak jarang seseorang membiarkan laptop atau komputer nya hidup bahkan sampai berjam-jam lamanya. Disaat laptop atau komputer kita hidup HDD kita akan terus berputar, meskipun dalam keadaan idle sekalipun. Karena harus kita catat bahwa banyak program yang berjalan di background OS.

9. Kencangkan sekrup/baut dengan benar

Sekrup atau baut yang di pasang asal-asalan kan membuat HDD kita goyang dan tidak menapak. Artinya Getaran yang terjadi di komputer kita akan berdampak buruk untuk HDD kita. Semakin sering bergetar atau goyang (terbentur kesana kemari) itu artinya tinggal menunggu saja hard drive kita wasalam.

10. Back up

Cara terkahir ini lebih seperti antisipasi file kita. Ya tidak bisa di pungkiri bahwa seberapa besar pun kita menjaga hard drive kita, terkdang ajal hardisk bisa datang. Saran saya sebelum terlamabat biasakan utnuk beck up file dalam hardsik atau HDD. Terutama jika file tersebut adalah file penting buat kita.


Oke sekian artikel saya tentang 10 cara menjaga HDD dari kerusakan. hati-hati adalah hal terpenting dalam menangani komponen laptop atau komputer. Semoga dapat bermanfaat, baca juga artikel saya tentang cara instal ulang komputer. Terima kasih.
10 CARA MENJAGA HDD (Hardisk Drive) DARI KERUSAKAN 10 CARA MENJAGA HDD (Hardisk Drive) DARI KERUSAKAN Reviewed by uncle faiz on 10:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.