Belajar SEO Pemula

Belajar SEO Pemula

pengertian mendasar tentang SEO
Belajar Seo pemula

Dua Komponen Penting dalam Belajar SEO

Banyak sekali kursus online belajar SEO (Search Engine Optimization) yang sebenarnya semuanya sama saja. Setidaknya ada dua komponen yang pasti diajarkan di manapun Anda belajar SEO untuk keperluan website anda.

Ya, memang para ahli SEO tidak mungkin menawarkan pedoman tentang SEO yang sama. Pasti ada pembeda sehingga mereka bisa dikatakan lebih hebat daripada yang lain. Namun, dalam belajar seo dua hal ini selalu diikut sertakan. Hanya saja, penerapannya saja yang sedikit berbeda.

Apa saja dua hal tersebut? Onpage SEO dan Offpage SEO. Anda mungkin sudah tahu tentang dua hal ini. Namun, apakah Anda tahu basic idea dari dua komponen tersebut?

Basic Idea dari Onpage SEO

Anda yang sudah menggeluti dunia internet marketing sudah familiar dengan Onpage SEO beserta teknis penggarapannya, seperti riset keyword, membangun konten, memasang meta description, dan lain-lain.

Akan tetapi, apa ide utama men-SEO-kan secara onpage ini? Setidaknya ada satu hal paling utama kenapa Anda harus melakukan optimasi SEO Onpage, yaitu relevansi. Mesin pencari apapun tidak akan menggiring pembaca jika website atau blog Anda tidak memiliki konten yang relevan. Kalaupun blog Anda sudah ada kontennya, kemungkinan kecil atau bahkan tidak aka nada pembaca jika kontennya tidak ada relevansi dengan pembaca.

Contoh sederhananya seperti ini. Anda membuka toko es krim. Walaupun toko Anda berada di pinggir jalan, tidak akan ada yang berkunjung dan beli jika Anda jualan di daerah bersalju. Ini artinya tidak ada relevansi antara apa yang diinginkan dengan apa yang Anda sajikan dalam website.

Itulah mengapa penting sekali relevansi, yaitu menebak kira-kira apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Anda bisa menggunakan alat keyword planner untuk mendapatkan informasi keyword atau informasi tentang apa yang diinginkan oleh pembaca.

Oleh karena itu, di kalangan IMers, sangat dikenal istilah content is a king. Konten adalah raja karena konten inilah yang mendatangkan pengunjung atau pembaca website. Tidak itu saja, konten tersebut juga harus informatif. Sekarang semakin banyak konten bertebaran di dunia maya dan hanya konten unik dan informatif yang akan mendatangkan banyak pembaca.

Basic Idea dari Offpage SEO

Banyak yang menganggap Offpage ini adalah backlink. Namun, apa fungsi utama backlink itu?

Membangun trust, itulah inti dari backlink atau melakukan optimasi Offpage. Anda tidak hanya cukup memberikan konten yang bermanfaat jika mesin pencarian seperti Google tidak membantu untuk mendatangkan pengunjung, bukan?

Ibaratnya seperti ini. Anda menjual beras super bagus yang banyak dicari oleh masyarakat. Tapi, tidak ada yang tahu kalau Anda jualan atau mereka tidak tahu di mana toko Anda. Apa yang Anda perlukan? Anda perlu memasang banner, baliho, atau meminta seseorang untuk mengumumkan jualan Anda tersebut, bukan?

Itu semua ibaratnya adalah backlink. Dalam dunia online, backlink itu bisa dikatakan referensi dari luar yang meng-link ke website Anda. akan tetapi, bukan berarti kuntitas backlink saja yang penting, tapi juga kualitas. Percuma jika Anda memasang banyak banner tapi tidak banyak orang yang tertarik membaca banner tersebut. Jadi, selain kuantitas, pikirkan juga kualitas backlink.

Dari dua komponen tersebut, manakah yang paling penting? Keduanya penting. Jika content is a King, maka backlink could be the queen. Untuk menjalankan bisnis online profesional, diperlukan website dengan konten serta backlink yang berkualitas pula. Konten mewakili Onpage SEO sementara backlink mewakili Offpage SEO.              
Belajar SEO Pemula Belajar SEO Pemula Reviewed by Cyrilio friends on 2:02 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.